phobia ??

ih gara2 baca postingannya tam yang ini jadi pengen nulis posting kayak gini. waktu pas di sekolah, temen sayah tiba-tiba ngagetin saya dengan cara naro boneka kelinci tiba2 di depan muka saya. yajelaslah kaget. spontan saya langsung tereak, tapi teriaknya lebay . bukan kyaaaaaaa! ala cewek tapi “waaaaaaaaaa !”.  soalnya bonekanya aneh, boneka kelinci mirip kelinci aseli, bulunya lebat sekali tumbuh dengan subur, tapi gada mulutnya (mulutnya invisible). dan itu gak cuman sekali, tiap dikagetin lagi pasti tereak (walopun versi teriaknya jadi “aaaaaaaaaa” ato “wuanjiiiiiiihh”), tiap bonekanya ngedeket pasti ngejauh. ah gatau kenapa yang kayak gitu ngeri aja aja buat saya.

terus kalo liat boneka or sejenisnya yang bulunya lebat pasti ngeri aja, kesan yang ada dikepala : hiiiihh. tapi kadang kadang diremes2 juga pengen dibabat tuh bulu. terus ada lagi. waktu ke BIP main perkusion master,  diatas perkusinya ada balon banyak banget. dalam pikiran saya: ngeri banget ini kalo balonnya mlejedum. udah gitu minta tukeran tempat deh sama temen (ke perkusi yang jauh dari balon)

then, waktu naik angkot ada anak kecil bawa balon terus diremes2 balonnya sehingga muncul bunyi “ciiit ciiiitt”. dalam pikiran : wuanjis brutal banget ni anak ngeremes ngeremes balon, kalo meledak gimana ih ? ntar gedenya jadi terorist gitu ni anak?. *langsung cari tempat duduk sejauh mungkin* ada dua kemungkinan : aku dendam ama boneka2 yang berbulu gitu n balon, ato aku phobia. phobia ?? apa itu phobia ?? yang aku tau phobia itu rasa takut.

Secara umum, phobia adalah rasa ketakutan kuat (berlebihan) terhadap suatu benda, situasi, atau kejadian, yang ditandai dengan keinginan untuk ngejauhin sesuatu yang ditakuti itu. Bedanya sama rasa takut biasa adalah, hal yang ditakuti sebenarnya nggak menyeramkan untuk sebagain besar orang.

diambil dari gugel

kalo menurut definisi diatas berarti bener saya phobia boneka yang bulunya banyak.

APHA ? TAKUT BONEKA BERBULU N BALON ? GAK ELIT 😥 kalo gak liat bendanya sih gabakalan takut

*scene, dalam pikiran pas gada bendanya : AHAHA DASAR BONEKA. GABISA GERAK AJA SOSOAN SENYUM LOH*,

tapi kalo ada beneran gatau deh

*scene, pas ada bendanya : WAAAA.. JANGAN DEKET2 SIYAL !*.

Kalo udah parah, penderitanya bisa terserang panik saat ngeliat hal yang dia takutin. Sesak nafas, deg-degan, keringat dingin, gemetaran, bahkan sampe nggak bisa menggerakkan badannya.

waah oke ga separah itu kalo saya mah. paling buma sebatas ngeri aja.

penyebab phobia juga macem-macem. Analisa yang pertama karena adanya faktor biologis di dalam tubuh, seperti meningkatnya aliran darah dan metabolisme di otak. Bisa juga karena ada sesuatu yang nggak normal di struktur otak. Tapi kebanyakan psikolog setuju, phobia lebih sering disebabkan oleh kejadian traumatis

ngek ?? karena kejadian yang ngebuat saya trauma ??  coba saya ingat.. apa pernah aku keselek bulu boneka, ato apakah pernaha ada boneka meledak di depan kepala saya ??

Masih ada penyebab lainnya yang dianalisa oleh psikolog, yaitu phobia juga bisa terjadi karena budaya. Seperti di Jepang, Cina dan Korea, masyarakatnya takut banget sama angka 4 (tetraphobia)

hmmm… kalo karena budaya ?? oh aku prenah denger mitos  “boneka kalo malem2 bisa hidup”  waahh itu sih cerita waktu kecil. hmm.. jadi penyebab phobia saya ampe sekarang belum diketahui oleh saya sendiri.

Saat ini, para psikolog dan psikiater udah punya banyak metode untuk menyembuhkan phobia. Mulai dari berbagai jenis terapi, hipnotis, obat-obatan, sampai melibatkan alat-alat berteknologi canggih. Seserdehana apa pun, jangan anggap remeh phobia. Karena nggak cuma bakal nganggu aktivitas dan kehidupan sosial kamu, tapi phobia juga bisa membahayakan jantung kamu! Soalnya serangan jantung dan stroke bisa dating karena cemas berlebihan dan jantung yang berdebar-debar terlalu sering. a

waaaahh ?? kalo dilihat2 aja sih cuma takut doang, tapi segawat itu kah ?? gabole anggap remeh phobia ??  what shoul i do ? 😥

Ada beberapa teknik Untuk penyembuhan phobia: *Hypnotheraphy: Penderita phobia diberi sugesti-sugesti untuk menghilangkan phobia. *Flooding: Exposure Treatment yang ekstrim. Si penderita phobia yang ngeri kepada anjing (cynophobia), dimasukkan ke dalam ruangan dengan beberapa ekor anjing jinak, sampai ia tidak ketakutan lagi. *Dilakukan exposure bersifat ringan. Si penderita phobia yang takut akan anjing disuruh rileks dan membayangkan berada ditempat cagar alam yang indah dimana si penderita didatangi oleh anjing-anjing lucu dan jinak. *Desensitisasi: Si penderita phobia yang takut pada anjing dibiasakan terlebih dahulu untuk melihat gambar atau film tentang anjing, bila sudah dapat tenang baru kemudian dilanjutkan dengan melihat objek yang sesungguhnya dari jauh dan semakin dekat perlahan-lahan. Bila tidak ada halangan maka dapat dilanjutkan dengan memegang anjing dan bila phobia-nya hilang mereka akan dapat bermain-main dengan anjing. Memang sih bila phobia yang dikarenakan pengalaman traumatis lebih sulit dihilangkan. *Reframing: Penderita phobia disuruh membayangkan kembali menuju masa lampau dimana permulaannya si penderita mengalami phobia, ditempat itu dibentuk suatu manusia baru yang tidak takut lagi pada phobia-nya.

WAT ?! kalo emang phobia saya yang takut boneka berbulu.. apakah saya musti dikurung di tempat penuh boneka berbulu ?? ngeri brow.. ato disuruh ngebayangin di cagar alam ditemenin boneka-boneka ?? 😆

hmm.. kayaknya ada satu cara : tiap hari melototin boneka berbulu. ato kalo takut balon : tiap hari bawa balon, dipeluk peluk dan diinjak atau dipletusin. (kan supaya ga takut balon meledak) hiih.. ngeri juga sih kalo tiap hari melototin boneka. kalo orang2 liat pasti mikirnya : “ni anak gendeng ato kenapa sih ? boneka ko’ dipelototin gitu.” ato “ni anak gendeng, ngapain balon disiksa gitu ?” yaahh apapun itu harus segera dilawan soale takut ntar tambah parah.

*scene kalo udah parah* ~~anak kecil lewat bawa boneka ~~

saya: wuanjiiii***!! wuaass**!! *mengeluarkan kata2 tidak senonoh* ~~anak kecil lewat bawa balon diremes remes~~

saya: *dag dig dug*

<sound fx : ciiit ciiit ciit>

saya: ya allah, kiamat datang, satagpiruloh, ampuni dosaku. ayah ibu maafkan aku *ini mah lebay*

hahaha okee.. sampe disini dulu, maap kalo ada kata2 yng salah, enw, doain ya supaya rasa ngeri saya ini ilang. doain juga cz tanggal 9 ntar aku Ujian Akhir Semester 1. oiya, selamat hari raya idul adha bagi yang merayakan 😀 🙂


sumber : disini, disini dan mbah gugel 😀

Advertisements

14 Responses to phobia ??

  1. Gwakakakakakakakakkaakaka

    Kalo yang gini ut???

  2. *lupa masukin linknya :D*

  3. jensen99 says:

    Blom, blom phobia tu. Masih ringan dan masih bisa diobati.

    Coba deh latian ngancurin boneka berbulu, jadi supaya berani. :mrgreen:

  4. saKuZo says:

    @ rein : gatau. Blm liyat gambarnya. Pake hape 😛 kyknya samting aneh dh :p

    @ jensen99 : waah bagus deh kalo gitu. Huwaaa.. Takutnya ntar nambah parah. Tiap ada boneka *waaaaaa !*
    Hahaha.

    Latiannya ngancurin boneka. Masalahna bonekanya gada uy. Ada sih di rumah, tapi yg gak berbulu :d
    Yg berbulu dah entah kemana :p

    Enw, post ini msh acak2an. Ntr kalo dh bole internetan pake komp lagi kuedit deh. Skrg mw semesteran jadi ndak boleh :p. Gomen yo.

  5. Ngga kok
    Itu gambar bonekanya DoD
    ^_^

    Bukan yang aneh2

  6. saKuZo says:

    @ rein : apa ah itu mah gak nyremin, malahan lucuuu !!! XD

    @ andyan : ngerasa opo tho ?? jangan2..

    mas andyan phobia boneka juga ?? 😆

  7. rei males2an says:

    wawawawawawawaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa………..

  8. emaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaangggggg
    XD

  9. Mi Chan says:

    Sodorin boneka penuh bulu-lubu!

  10. saKuZo says:

    @ all : aku kabur, lari takut ada yang ngasi link boneka berbulu lg hiiy

  11. Ginnosuke.kerplunk says:

    Uta???????! gila jga lw ada di wordpress……! ckckckckckckckck…..

  12. saKuZo says:

    @ ginnosuke.kerplunk : yes ?? so what ?? khekhekhekhe

  13. *sodorin boneka bulu2 geje*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: